Manfaat Content Marketing, Dan Bagaimana Pemula Memulainya!

Manfaat Content Marketing – Jika Anda baru mengenal pemasaran konten dan ingin mempelajari cara menggunakannya untuk bisnis Anda , teruslah menonton karena dalam tutorial ini, kita akan memandu Anda melalui panduan lengkap pemasaran konten untuk pemula.  Baiklah, jadi mari kita mulai dengan dasar-dasar dan berbicara tentang apa itu pemasaran konten.

Sederhananya, pemasaran konten adalah proses membuat dan mendistribusikan konten untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Artinya, Anda membuat posting blog, video, podcast, atau apa pun, mempromosikannya, dan tugas konten Anda adalah mengarahkan orang ke tindakan yang menguntungkan manfaat content marketing.

Sekarang, jika Anda belum pernah benar-benar membeli seluruh gagasan tentang “konten yang menjual”, konsep ini mungkin tidak masuk akal atau hanya terdengar klise. Seperti halnya sebuah iklan tentang konsultasi psikologi jogja. Sekarang, untuk memahami mengapa kita membeli produk ini, dan bagaimana konten memengaruhi kita untuk membelinya.

Bagaimana Manfaat Content Marketing Memengaruhi Konsumen?

Mari kita mundur. Selama pandemi Covid 19 banyak wilayah yang mengalami pembatasan kegiatan termasuk anak-anak sekolah. Sekarang, ketika Anda memiliki anak kecil yang dipaksa untuk tinggal di rumah, mereka benar-benar memanjat segalanya.

Ketika mencoba menelusuri di Google untuk hal-hal seperti ” peralatan panjat rumah terbaik untuk anak-anak”. kita membaca beberapa artikel, dan menelusuri berbagai jenis produk. Nah..

Mari kita membaca beberapa posting blog lagi, mempersempit pencarian kita ke item yang mungkin ingin kita beli, menonton beberapa video hanya untuk menyadari bahwa anak tertua kita akan terlalu besar untuk mainan itu. Jadi kita pergi ke Amazon untuk melihat lebih banyak opsi, menemukan sesuatu seperti ini, membaca ulasan, dan kemudian kita membelinya.

Kita memiliki masalah, mencari solusi, dan konten dari blog, video, dan ulasan menuntun kita melalui seluruh perjalanan pembelian kita. Dan jika Anda memikirkan mengapa dan bagaimana Anda melakukan pembelian terakhir yang bukan merupakan kebutuhan seperti bahan makanan, atau pakaian, kita yakin konten terlibat di sepanjang jalan. Dengan banyaknya informasi yang tersedia di ujung jari kita, kita sebagai konsumen akan terpengaruh oleh konten.

Sekarang, konten yang kita baca dan tonton berasal dari beberapa situs dan kreator. Dan penjual Amazon yang mendapat seratus dolar kita kebetulan beruntung. Tetapi melalui kekuatan pemasaran konten, Anda dapat dengan sengaja mengintegrasikan perusahaan dan produk Anda dalam perjalanan pembelian ini. Mari kita tunjukkan contoh dari apa yang telah kita lakukan di Ahrefs. Jika Anda tidak terbiasa dengan perusahaan kita, kita menjual seperangkat alat SEO.

manfaat content marketing

Melakukan penelitian kata kunci yang disebut Penjelajah Kata Kunci

Jadi katakanlah Anda memutuskan untuk menggunakan SEO dalam strategi pemasaran digital Anda dan Anda ingin menemukan alat penelitian kata kunci untuk digunakan. Anda mungkin pergi ke Google dan mencari “daftar alat penelitian kata kunci.” Anda mengklik hasil pertama, menelusuri daftar, mengklik beberapa di sana-sini, tetapi Anda masih belum siap untuk melakukan pembelian karena Anda menyadari … “kita bahkan tidak tahu bagaimana melakukan riset kata kunci. ” Jadi Anda kembali ke Google dan mencari “bagaimana melakukan penelitian kata kunci.” Benar saja, Anda mengenali salah satu nama dari artikel sebelumnya yang Anda baca plus, mereka berperingkat tinggi di Google. Jadi Anda mengklik panduan mereka.

Anda membaca sekilas panduan ini dan Anda terkesan. Anda juga diperkenalkan dengan alat kita, Penjelajah Kata Kunci. Tapi Anda harus pergi ke gym, menjemput anak-anak, dan menyiapkan makan malam agar hidup berjalan seperti biasa. Beberapa hari kemudian, Anda memutuskan untuk mencari lebih banyak tutorial penelitian kata kunci. Jadi Anda pergi ke YouTube dan mencari “penelitian kata kunci.

Anda mengklik video, Anda terkesan dengan rasio suka dan tidak suka, jadi Anda melihat komentar dan melihat banyak yang positif. Jadi Anda terus menonton. Terpesona oleh kebijaksanaan presenter, Anda mulai membuat catatan dan mencari cara untuk melakukan riset kata kunci. Dan sepanjang waktu yang Anda habiskan untuk mempelajari cara melakukan riset kata kunci, Anda mempelajari cara melakukannya menggunakan alat kita guna mendapatkan manfaat content marketing.

Jadi, Anda tidak hanya telah terpapar merek dan produk kita berkali-kali melalui konten gratis, Anda kini telah dibawa ke ekosistem kita melalui berbagai pencarian hanya karena kita ada di sana saat Anda membutuhkan kita. Jadi tentu saja, Anda akan lebih cenderung membeli alat kita karena Anda telah dididik tentangnya. Pemasaran konten membantu menciptakan kesadaran dan menarik calon pelanggan ke konten Anda.

Konten Anda melibatkan mereka dan membangun kredibilitas untuk merek Anda, mengubah pengunjung menjadi pelanggan , memungkinkan Anda membangun pengikut yang setia. Dan untuk produk perangkat lunak seperti kita, ini membantu mempertahankan pelanggan karena mereka belajar bagaimana melakukan hal-hal baru dengan alat kita yang mengarah pada peningkatan penggunaan.

Yang terbaik dari semuanya, pendapatan Anda bertambah karena tidak seperti iklan di mana iklan Anda berhenti muncul begitu Anda berhenti membayar, konten yang muncul di tempat dan saat pelanggan Anda menelusuri, adalah konsisten.

Dan penting untuk dicatat bahwa tidak peduli seberapa bagus konten Anda, jika produk Anda tidak sempurna, maka konten tidak akan menyelamatkan Anda setidaknya untuk jangka panjang. Jadi, dengan segala upaya, mari kita bicara tentang bagaimana Anda dapat melakukan ini untuk bisnis Anda, seperti halnya konten tentang psikolog anak jogja. Sekarang, dua bagian utama dari pemasaran konten adalah membuat konten dan mendistribusikan atau mempromosikannya. Dan apa pun yang Anda buat, harus memiliki tujuan untuk menarik dan/atau mempertahankan pelanggan.

Mari kita bicara tentang sisi pembuatan konten

Konten Anda bisa dalam berbagai format. Jadi itu mungkin posting blog, podcast, video, kursus online, infografis, alat gratis, templat, ebook, daftar periksa, apa saja. Selama ada permintaan dari audiens target Anda untuk jenis konten itu, maka hampir semuanya adalah permainan yang adil. Sekarang, jenis konten yang Anda pilih akan bergantung pada topik konten Anda.

Misalnya, resep akan berfungsi dengan baik sebagai posting blog dan video, tetapi mungkin tidak akan bagus sebagai podcast. Sedangkan wawancara dengan Gordan Ramsay dapat berfungsi sebagai podcast, video, atau bahkan posting blog, tetapi mungkin tidak akan terlalu berharga sebagai daftar periksa. Sebagai aturan umum, mulailah dengan satu format yang sesuai untuk Anda dan bilas dan ulangi. Kemudian, pertimbangkan untuk menjelajahi saluran lain. Bagi kita, kita memulai dengan posting blog dan akhirnya berkembang menjadi video saat tim kita berkembang.

Sekarang, membuat konten saja tidak cukup karena konten tidak sama dengan pemasaran konten. Dan gagasan “jika Anda membangunnya dan mereka akan datang” tidak bisa jauh dari kebenaran. Dan itulah mengapa penting untuk memiliki gagasan tentang di mana Anda akan mendistribusikan konten ini. Beberapa saluran distribusi umum akan mencakup pencarian yang dapat dilakukan melalui optimasi mesin pencari atau iklan berbayar, jaringan media sosial, forum dan komunitas atau buletin email. Misalnya, jika Anda memiliki situs resep, maka Anda mungkin ingin mengoptimalkan konten Anda untuk pencarian Google, YouTube dan/atau Pinterest karena ini adalah saluran tempat banyak orang secara aktif mencari resep setiap bulan. Disinilah manfaat content marketing kita peroleh.

Sekarang, jika Anda memiliki situs tentang golf, Anda mungkin ingin mempertimbangkan YouTube, Google Penelusuran, serta forum dan komunitas karena ini semua adalah tempat di mana audiens target Anda akan secara aktif mencari informasi tentang topik tersebut.

Sekali lagi, aturan umum adalah memilih 2 hingga 3 jaringan untuk dikerjakan dan menjadi sangat ahli dalam hal itu. Untuk Ahrefs, dua saluran distribusi konten utama kita adalah pencarian Google melalui. SEO dan YouTube. Dan situs web kita mendapatkan lebih dari satu juta kunjungan dari Google Penelusuran setiap bulan dan memiliki hampir 600.000 penayangan di YouTube pada bulan Maret. Dan karena ini adalah dua saluran, kita dapat memperoleh hasil yang luar biasa, mari habiskan waktu kita untuk membuat dan mempromosikan konten di saluran ini.

Mari kita bicara tentang konten blog terlebih dahulu. Dua saluran distribusi paling populer adalah media sosial dan pencarian. Saat Anda membuat konten dengan media sosial sebagai saluran distribusi utama Anda, Anda mengambil banyak risiko.

Memulai Content Marketing Untuk Pemula: Panduan Lengkap

Membuat konten blog Anda meledak di media sosial sangat tidak terduga. Dan meskipun ada alat yang dapat membantu Anda melihat berapa kali sebuah pos dibagikan, Anda tidak tahu mengapa pos itu dibagikan. Maksud kita, apakah mereka melakukan penjangkauan agar influencer membagikan konten mereka? Apakah pembuat konten tersebut sudah memiliki banyak pemirsa? Atau semua saham ini palsu karena dibeli untuk menggelembungkan popularitas?

Ada terlalu banyak variabel yang merupakan salah satu alasan mengapa kita menjauh dari mencoba membuat konten jenis “viral”. Plus, lalu lintas media sosial cenderung dimulai dengan lonjakan besar, tetapi berakhir datar, meninggalkan konten Anda mati di dalam air. Adapun lalu lintas SEO, jauh lebih mudah untuk membuat hasil yang dapat diprediksi dan konsisten yang akan bertahan dalam ujian waktu. Dan ada 3 langkah dasar untuk proses ini.

1. Langkah pertama adalah menemukan topik yang relevan dengan bisnis Anda.

Dan langkah ini sering disebut sebagai riset kata kunci. Untuk memulai, gunakan alat penelitian kata kunci seperti Penjelajah Kata Kunci Ahrefs dan masukkan beberapa topik yang secara luas terkait dengan niche Anda. Jadi, dengan asumsi Anda memiliki situs yang menjual kursus online tentang pengasuhan anak, Anda dapat menelusuri “pengasuhan anak” dan “balita”. Selanjutnya, buka laporan Pertanyaan, yang akan menunjukkan kata kunci yang diutarakan sebagai pertanyaan serta volume pencarian untuk kata kunci tersebut.

Dan pertanyaan sering kali merupakan masalah yang mungkin dihadapi audiens target Anda.

Sekarang, karena kita menjual kursus online, Anda sebaiknya mencari topik yang dekat atau setidaknya agak terkait dengan produk Anda. Jadi sesuatu seperti, “cara mendisiplinkan balita” mungkin cocok karena Anda menjual kursus parenting. Langkah selanjutnya adalah membuat jenis konten yang “benar” . Google mencoba menampilkan konten yang paling relevan untuk kueri apa pun. Jadi jenis konten yang “benar” dari perspektif SEO , adalah yang memenuhi kebutuhan para pencari.

Ini disebut maksud pencarian, yang mewakili alasan di balik kueri pencari. Dan Anda dapat menentukan ini dengan melihat hasil peringkat teratas atau jika Anda menggunakan Penjelajah Kata Kunci , Anda dapat menekan tombol SERP untuk melihat 10 halaman teratas beserta metrik SEO-nya.

Dalam hal ini, mereka semua posting blog informasi di mana banyak yang pergi dengan sudut “taktis”. Jadi, Anda mungkin ingin menempuh rute ini juga untuk memiliki peluang bertarung di peringkat. Dan langkah terakhir meraih manfaat content marketing adalah mempromosikan konten Anda.

Mulai melakukan promosi

Promosi dapat mengambil banyak bentuk dan yang terbaik adalah jika Anda menggunakan pendekatan dari dalam ke luar, artinya, mulailah dengan saluran yang paling dekat dengan Anda dan kemudian bergerak ke luar untuk menjangkau pemirsa baru. Jadi, Anda dapat memulai dengan memposting di akun media sosial Anda dan mengirimkan konten baru ke buletin email Anda.

Kemudian Anda mungkin ingin bercabang ke komunitas tempat Anda terlibat. Itu mungkin Reddit, Quora, atau grup sosial yang memungkinkan berbagi tautan. Dan akhirnya, Anda ingin melakukan penjangkauan blogger untuk mendapatkan backlink.

Dan inilah yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan peringkat halaman Anda lebih tinggi di Google. Sekarang, kita hanya menggaruk permukaan di sini dengan Google SEO, jadi jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut , lihat daftar putar dalam deskripsi kita untuk kursus pelatihan SEO gratis kita di mana Anda dapat mempelajari cara mendapatkan lalu lintas organik dari bulan pencarian di atas bulan. Untuk konten YouTube, ada tiga cara utama kita memilih topik untuk konten. Cara pertama adalah untuk tampilan pencarian organik YouTube. Untuk melakukannya, buka Penjelajah Kata Kunci Ahrefs, pilih tab YouTube untuk mendapatkan data pencarian YouTube , dan masukkan kata kunci luas yang terkait dengan niche Anda.

Selanjutnya, buka laporan pencocokan Frasa

Sekarang, karena konten YouTube hampir selalu bersifat informasi, Anda dapat membaca sekilas laporan ini dan mencari kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, “gaya pengasuhan” mungkin menarik karena sekali lagi, situs hipotetis kita menjual kursus online tentang pengasuhan anak. Dan orang yang mencari ini mungkin akan tertarik. Jadi kita akan mengambil kata kunci itu dan mengetiknya di pencarian YouTube.

Sekali lagi, kita akan melihat 3 video teratas dan melihat apakah ada kesamaan dan melakukan yang terbaik untuk membuat video yang cocok dengan maksud pencari. kita memiliki video lengkap tentang melakukan SEO YouTube yang telah menjadi faktor utama dalam pertumbuhan saluran kita , jadi kita akan menautkannya di deskripsi.

2. Cara kedua adalah membuat konten tentang topik unik yang mungkin menarik audiens target Anda.

Sekarang, alasan mengapa kita melakukan ini adalah karena YouTube adalah platform pencarian dan sosial. Dan karena ada aspek “sosial” di YouTube, algoritme mereka memberi penghargaan pada video yang menarik banyak klik yang menghasilkan waktu tonton yang tinggi.

Jadi dengan membuat konten tentang topik populer di niche Anda yang belum pernah dibicarakan orang lain, Anda berpotensi mendapatkan banyak klik dan jika konten Anda cukup bagus, orang akan menontonnya untuk waktu yang lama, yang mengarah ke promosi YouTube. konten Anda ke pemirsa serupa. Sekarang, memunculkan ide-ide Anda sendiri akan bermuara pada kreativitas untuk meraih manfaat content marketing.

Tapi rumus sederhana yang bisa Anda gunakan adalah [topik utama] plus [penarik utama]. Misalnya, kita membuat video berjudul “Membuat Tautan dengan Google Ads”.

Topik utama kita adalah “pembuatan tautan”, yang merupakan strategi SEO populer. Dan daya tarik utamanya adalah “dengan iklan Google”. Dan itu karena tidak ada yang benar-benar berbicara tentang cara menggunakan iklan Google untuk benar-benar mendapatkan tautan balik ke situs Anda.

Jadi kita membuat studi kasus kita sendiri di mana kita membagikan semua detail dengan transparansi penuh.

3. Dan cara ketiga adalah membuat seri

Serial bekerja dengan baik karena dimaksudkan untuk ditonton secara berurutan. Hal ini dapat menyebabkan waktu tonton yang lebih lama secara keseluruhan di seluruh saluran Anda. Dan semakin lama orang menonton konten Anda, semakin banyak YouTube akan mempromosikan video Anda. Tetapi manfaat terbesarnya adalah jika konten Anda mengintegrasikan penawaran Anda dengan cara organik, ada sejumlah besar keterpaparan terhadap produk Anda. Misalnya, kursus SEO untuk pemula kita mengajarkan cara melakukan SEO dan tentu saja, kita menggunakan alat gratis dan berbayar kita di dalamnya.

Untuk menempatkan manfaat content marketing ini ke dalam perspektif, itu sekitar 426,6 hari atau 1,17 tahun konsumsi konten terus menerus. Jadi ide seri potensial mungkin kursus, studi kasus, membangun sesuatu di depan umum, atau jika Anda ingin pergi dengan lebih banyak sudut hiburan , vlog dan pertunjukan juga berfungsi dengan baik, tergantung pada niche Anda. Sekarang, untuk sisi promosi, YouTube melakukan pekerjaan yang baik dalam mempromosikan konten yang relevan di beranda dan saran bilah sisi mereka.

Tetapi jika Anda tidak memiliki audiens yang ada , mungkin sulit untuk mendapatkan daya tarik awal itu. kita tidak akan membahasnya di sini karena kita memiliki tutorial lengkap tentang cara mendapatkan lebih banyak penayangan di YouTube saat Anda baru memulai serta video tentang cara mendapatkan lebih banyak pelanggan, yang akan mengajari Anda banyak hal tentang cara kerja YouTube. Sekali lagi, tautan dalam deskripsi. Sekarang, pemasaran konten bukanlah proses yang cepat guna mendapatkan manfaat content marketing.

Ini adalah salah satu yang sedang berlangsung. Dan kita pikir inilah mengapa orang sering menghindarinya karena kita terbiasa dengan gagasan tentang hasil langsung, jadi kita beralih ke hal-hal seperti iklan dan surat langsung.

Dan, tidak ada yang salah dengan metode pemasaran yang lebih tradisional, tetapi pemasaran konten unik karena terus berkontribusi pada keuntungan Anda dari waktu ke waktu. Jadi kita ingin Anda memikirkan pemasaran konten seperti menanam benih. Jika Anda ingin menanam pohon apel, dibutuhkan waktu hingga 8 tahun untuk berbuah.

Tetapi pohon yang sama itu akan terus-menerus meletakkan makanan di atas meja selama bertahun-tahun yang akan datang. Dan semakin lama Anda menunggu untuk menanam benih itu, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mulai menuai hasilnya. Jadi jika SEO menarik minat Anda, maka kita sangat menyarankan untuk mengikuti kursus SEO gratis kita untuk pemula. Atau jika YouTube adalah saluran yang ingin Anda fokuskan, lihat daftar putar kita di pemasaran YouTube. Dan jika Anda menikmati video ini, pastikan untuk menyukai, membagikan, dan berlangganan untuk video pemasaran yang lebih dapat ditindaklanjuti seperti ini.

Sekian ulasan tentang  manfaat content marketing, sampai jumpa di tutorial selanjutnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*