5 Macam Digital Marketing, Untuk Mendukung Kemajuan Bisnis Anda

Menjadi pelaku bisnis tentu perlu rajin memutar otak agar dapat bertahan menghadapi berbagai persaingan. Maka dari itu, bila Anda ingin bertekun menjalani digital marketing, tentu Anda perlu memikirkan beberapa strategi pemasaran digital yang akan memajukan bisnis Anda.

Namun, seberapa banyak yang Anda ketahui soal digital marketing? Nah, artikel ini akan memberi tahu Anda berbagai macam digital marketing yang sangat berguna untuk kemajuan bisnis Anda. Selain itu, terdapat penjelasan singkat soal bagaimana cara kerja dari masing-masing digital marketing.

Berbagai Macam Digital Marketing yang Bisa Anda Coba

Setelah melihat menjamurnya para pesaing, tentunya Anda tidak boleh diam dan harus memikirkan strategi lain untuk mempertahankan dan menggaet lebih banyak pembeli. Nah, Anda bisa gunakan strategi digital marketing lainnya untuk mendongkrak penjualan.

Content Marketing

Tentu Anda tidak asing dengan content marketing. Ya, digital marketing yang satu ini menitik beratkan pada fungsi artikel yang dapat Anda manfaatkan untuk mengambil hati para audiens. Dalam hal ini, Anda perlu Menyusun kata dan kalimat yang menarik sehingga bisa membawa keuntungan bagi bisnis Anda.

Bila Anda Anda belum mempraktekan digital marketing yang satu ini dan tertarik untuk mencobanya, Anda bisa memulai dengan membuat blog dan mengisinya dengan konten artikel. Selain itu Anda juga bisa membuat e-book dan menyebarkannya di internet.

Bila Anda tidak yakin dengan hasil tulisan Anda, Anda dapat menyewa jasa Copywriting atau Anda juga bisa mempelajari ilmu Copywriting.

Social Media Marketing

Salah satu cara yang paling populer, sosial media marketing memang mudah untuk dipraktekkan. Anda bisa memulai dengan cara gratisan seperti memposting pada status Anda. Selain itu Anda juga bisa memposting pada grup yang sesuai dengan barang dagangan Anda.

Untuk mempraktekkan social media marketing, seseorang biasanya akan memilih Facebook. Meskipun begitu, terdapat Whatsapp dan Instagram yang tidak kalah powerfull untuk memasarkan barang dagangan Anda.

Affiliate Marketing

Barangkali Anda masih asing dengan model pemasaran digital yang satu ini. Ya, affiliate marketing merupakan pemasaran digital yang kurang terkenal. Meskipun begitu, Anda dapat meraup keuntungan yang besar dari model pemasaran digital yang satu ini.

Anda dapat bekerja sama dengan individu atau korporasi untuk memasarkan produk dagangan Anda. Dan setiap ada pembelian yang melalui salah satu rekan Anda, maka Anda harus memberikan komisi yang sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Dengan begitu, Anda dan rekan Anda akan bersama-sama mencapai keuntungan.

Instant Messanging Marketing

Cara yang satu ini tampaknya sangat efektif. Hal itu ditunjang dengan fakta bahwa instant messangin marketing menawarkan produk Anda langsung pada seseorang pada chat pribadinya. Dengan begitu seseorang tampak merasa mendapatkan sesuatu yang istimewa dan layak untuk dibeli.

Anda bisa memanfaatkan Facebook Messenger, Whatsapp, Line, Telegram dan sosial media berbasis chat lainnya.

Television Marketing

Siapa sangka bahwa iklan-iklan yang sering lewat di sela-sela tayangan favorit kita merupakan sebuah bentuk digital marketing? Ya, karena memanfaatkan media digital semacam televisi membuatnya layak menyandang status sebagai salah satu strategi digital marketing.

Tampaknya cara ini sangat ampuh dalam meningkatkan potensi seseorang untuk membeli produk Anda. Hal ini karena kredibilitas sebuah stasiun televisi yang tinggi sehingga mampu meyakinkan para audiens untuk membeli barang dagangan Anda.

Maka tidak heran bila biaya sewa iklannya lumayan tinggi, karena memang memberi dampak yang besar terhadap peningkatan penjualan barang Anda. Jika target penjualan Anda hanya di wilayah tertentu saja, maka dapat menggunakan stasuin televisi daerah saja, dengan begitu biaya menjadi lebih hemat dan tentunya lebih sesuai target pemasaran.

Kesimpulan

Dari beberapa macam digital marketing tersebut, hampir semuanya dapat digunakan sesuai dengan jenis usaha dan kemampuan modal yang dimiliki. Janganhanya menggunakan satu jenis pemasaran saja, namun lakukan kombinasi antara satu dengan lainnya.

Sebagai contoh, lakukan promosi di media sosial sekaligus mencantumkan alamat website atau landing page serta dilengkapi kontak whatsapp atau telegram. Atau dengan sebaliknya dengan cara melakukan promosi melalui whatsapp sekaligus share akun sosial media dan alamat website UMKM Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*