4 Strategi Digital Marketing UMKM Dengan Website Sederhana

Memasaran produk melalui internet saat ini menjadi sebuah strategi digital marketing UMKM yang banyak digunakan para pelaku usaha kecil dan menengah. Metode pemasaran untuk memperkenalkan produk dan menjangkau konsumen secara online terbukti efektif dalam beberapa tahun terakhir ini. Ada sebagian orang ada yang mampu untuk beradaptasi, tapi juga tidak sedikit yang masih belum tahu bagaimana memulainya.

Banyak yang menilai bahwa tidak semua sektor usaha cocok untuk melakukan pemasaran produk secara digital, misalnya untuk pelaku UMKM yang menjual sembako, mereka mungkin menganggap bahwa membangun website atau menggunakan email marketing tentu menjadi sebuah hal yang sia-sia. Padahal hampir sebagian besar jenis usaha mempunyai peluang besar untuk meningkatkan penjualan jika dipasarkan dengan strategi digital marketing UMKM sekalipun hanya bermodalkan akun sosial media.

strategi digital marketing umkm

Menggunakan Sosial Media dan Website Untuk Digital Marketing

Memanfaatkan akun sosial media untuk memberikan informasi kepada banyak orang terkait produk yang dijual tidak sulit dilakukan dan bisa dibilang hampir tanpa modal. Sosial media sangat cocok untuk memulai penjualan produk secara digital karena akun sosial media bisa dibuat dan digunakan secara gratis dan tidak membutuhkan keahlian khusus, berbeda dengan website atau email marketing pada umumnya berbayar.

Dalam memilih antara menggunakan social media atau website juga perlu menyesuaikan jenis usaha dan target pasar yang akan dijangkau. Namun melakukan kombinasi dari keduanya tentu akan menjadi sebuah strategi digital marketing UMKM yang lebih bertenaga.

Membuat website sederhana untuk memperkenalkan produk

Mungkin Anda masih terbayang bahwa membuat website hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan di bidang IT, padahal saat ini sudah ada banyak penyedia layanan website instant, dimana setiap orang bisa lebih mudah untuk membuat website. Memang pada umumnya membuat website diperlukan keahlian yang terkait dalam hal tersebut, namun jika hanya sekedar untuk membuat sebuah halaman sebagai media memperkenalkan produk Anda, maka hal ini sangat mudah dilakukan oleh orang yang tidak menguasai bahasa pemrograman sekalipun.

Ada banyak sekali jenis usaha yang bisa memanfaatkan website sebagai strategi digital marketing untuk UMKM pada umumnya diantaranya produksi makanan rumah tangga, usaha rental, catering, persewaan perlengkapan nikah, dan masih banyak lagi lainnya.

Ada beberapa platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website sederhana sebagai sarana memasarkan produk Anda secara mudah dan cepat bahkan gratis. Tidak butuh kemampuan coding dan mengelola server untuk membuat website karena semua sudah dipersiapkan dan tinggal drag and drop saja sampai menjadi sebuah halaman website. Berikut beberapa penyedia layanan website gratis yang dapat Anda coba diantaranya :

  • yahoosites.com
  • cabanova.com
  • sites.google.com
  • nicepage.io
  • tumblr.com
  • wordpress.com
  • blogspot.com
  • weebly.com
  • mystrikingly.com
  • webflow.io
  • yolasite.com

Dengan menggunakan beberapa penyedia web diatas maka Anda bisa langsung mulai memilih desain tema, mengisi materi atau konten website hingga mempublikasikan.

Yang Perlu Dipersiapkan Dalam Mengisi Materi Website

Dalam membangun sebuah website yang sederhana sekalipun perlu memperhatikan beberapa faktor yang cukup menentukan supaya website Anda lebih mudah ditemukan dan dibaca oleh banyak orang.

1. Memilih Tema dan Desain Website

Awalnya mungkin Anda akan memilih untuk membuat website yang menarik dengan tampilan yang bagus denganharapan akan membuat pengunjung yang membukanya merasa lebih senang, namun itu semua bisa menjadi sebaliknya jika ternyata tampilan yang indah tadi malah membuat website berat dan membingungkan.

Pilih saja desain yang sederhana dan berikan materi penjelasan produk yang padat dan mudah dipahami sehingga pengunjung bisa lebih mudah menemukan alasan untuk membeli dagangan yang Anda tawarkan.

2. Riset Kata Kunci

Setelah desain utama website jadi, selanjutnya lakukan riset kata kunci untuk mengetahui topik yang berkaitan dengan produk Anda namun dengan jumlah pencari paling banyak. Misalkan Anda menyediakan jasa pre wedding photography di Jogja, maka lakukan riset kata kunci yang berkaitan di bidang tersebut. Kata kunci tersebut nantinya akan bahan pembahasan pada pembuatan halaman penjualan sehingga menjadi fokus utama dari website Anda.

Anda bisa melakukan riset kata kunci secara mudah dengan mengetik di halaman pencarian Google, maka akan menemukan beberapa keyword yang terkait.

3. Menyusun halaman utama

Halaman utama yang kita maksud disini adalah halaman penjualan, yaitu halaman yang menjelaskan tentang produk yang ditawarkan kepada calon pembeli. Tahap ini cukup penting guna memastikan agar setiap pengujung yang datang ke website kita bisa terkonversi menjadi penjualan.

Caranya untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah sulit namun butuh strategi khusus yang meliputi tampilan, user experience, dan yang terpenting adalah kelengkapan informasi produk dimana hal ini sangat menentukan keputusan calon konsumen.

Dalam menyusun kalimat pada halaman penjualan jangan hanya mengutamakan promosi produk Anda saja, namun berikan informasi yang bermanfaat untuk para pengunjung.

4. Kontak yang mudah dihubungi

Setelah halaman penjualan tersusun, jangan lupa untuk memeriksa kembali semua materi yang telah Anda buat, pastikan konten dalam website tersebut sudah sesuai dengan konsep awal yaitu ringan namun padat dengan informasi serta jangan lupa untuk mencantumkan kontak Anda.

Dalam memberikan kontak letakkan pada posisi yang mudah ditemukan dan terlihat, juga jangan hanya menggunakan nomor HP saja karena pengunjung harus terlebih dulu mengcopy atau mencatat jika ingin menghubungi Anda. Buatkan kontak dengan memanfaatkan link yang telah disediakan oleh WhatsApp, Telegram atau LinkTree. Dengan begitu pengunjung tinggal tekan saja link tersebut untuk terhubung dengan Anda.

Kesimpulan

Memasarkan produk dengan strategi digital marketing UMKM adalah sebuah pilihan yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah promosi serta menjangkau konsumen lebih luas. Bahkan untuk menjalankan pemasaran secara online tersebut bisa dilakukan secara gratis dan tidak perlu memiliki kemampuan lebih di bidang IT. Yang terpenting adalah untuk terus meningkatkan kreatifitas Anda sehingga mampu lebih bersaing nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*