Mengenal Macam-Macam Jenis Pemasaran Untuk Menawarkan Suatu Produk
Menawarkan sebuah produk bukanlah hal yang asing lagi bagi kita sebagai seorang pelaku usaha. Hal ini karena memang sudah sebagai sebuah keharusan ketika memilih karir sebagai pedagang atau sales perusahaan, yang fokus bekerjanya adalah menawarkan barang atau jasa demi mendapatkan keuntungan. Setiap orang atau perusahaan juga memiliki macam jenis pemasaran yang tidak sama satu dengan yang lainnya.
Beberapa Jenis Pemasaran Untuk Menawarkan Produk
Nah, tahukah Anda bahwa terdapat berbagai jenis pemasaran produk? Bila belum, mari kita bahas satu per satu tentang macam-macam jenis pemasaran sehingga bisa mencapai target utama, yaitu memperoleh orderan dan mendapatkan untung.

Photos by https://unsplash.com
Perbedaan Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung
Diketahui terdapat dua cara pemasaran, yaitu secara langsung dan tidak langsung. Lantas, apa saja perbedaan antara kedua jenis pemasaran ini? Berikut ini merupakan penjelasan dari masing-masing jenis pemasaran tersebut.
Pemasaran Secara Langsung
Pemasaran secara langsung atau juga bisa disebut sebagai direct marketing merupakan salah saut jenis pemasaran yang dilakukan langsung di depan calon konsumen. Ini seperti seorang sales yang menawarkan barang dagangannya pada orang lain secara langsung.
Jadi, dalam pemasaran jenis ini terdapat komunikasi dua arah yang mana memungkinkan sales berbicara dan calon konsumennya dan sebaliknya. Dengan cara ini sales bisa jadi dapat memperagakan sebuah demi produk atau langsung menyebutkan berbagai keuntungan menggunakan jasa atau barang yang ia tawarkan.
Pemasaran Secara Tidak Langsung
Kalau pemasaran yang satu ini memanfaatkan sebuah media promosi yang memungkinkan terjangkaunya orang dengan jumlah yang lebih banyak dan tanpa bertemu terlebih dahulu dengan calon konsumen.
Biasanya ini karena dampak kemajuan teknologi yang mana memungkinkan seorang pedagang atau sales tidak perlu bertemu dengan seorang calon konsumen. Cukup sebarkan media promosi dan menunggu ada orang yang berminat.
Contoh Pemasaran Secara Langsung dan Tidak Langsung
Setelah mengetahui pengertian mengenai dua macam pemasaran, berikut ini merupakan beberapa contoh dari masing-masing jenis pemasaran tersebut.
Pemasaran Secara Langsung
Contoh pemasaran secara langsung adalah seperti :
1. Personal Selling
Personal Selling merupakan salah satu contoh pemasaran langsung yang dimana cara memasarkan produknya dilakukan dengan bertatap muka secara langsung antara sang penjual dan sang pelanggan. Contohnya seperti seorang sales yang datang dari rumah ke rumah untuk langsung menawarkan barang dagangannya.
2. Telemarketing
Telemarketing adalah salah satu jenis pemasaran secara langsung yang dimana pemasarannya menggunakan sebuah media komunikasi suara. Seperti seseorang sales dari sebuah perusahaan yang menelpon untuk menawarkan produk atau layanan untuk seseorang.
3. Catalog Marketing
Catalog marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang menggunakan sebuah katalog atau sebuah buku yang berisi daftar harga jual produk.
Pemasaran Secara Tidak Langsung
Pemasaran secara tidak langsung dapat berupa pemasaran secara digital atau bisa juga melalui pihak lain yang dapat kita temui dalam bentuk :
1. Pemasaran dengan menggunakan Iklan
Contoh yang pertama untuk pemasaran secara tidak langsung adalah Media Iklan. Pemanfaatan sebuah iklan dalam kegiatan pemasaran ini membuat produk kita dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Untuk media iklan sendiri bisa disalurkan melalui media cetak seperti Koran, majalah, brosur. Sedangkan untuk media digital bisa disalurkan dengan televisi, radio, media sosial atau membuat website.
2. Media Humas
Media Humas adalah salah satu contoh pemasaran secara tidak langsung yang dimana menggunakan masyarakat sebagai perantaranya. Untuk pemasaran melalui media hubungan masyarakat, mereka memanfaatkan seorang public relation untuk terjun langsung ke masyarakat.
3. Media Online
Online marketing merupakan sebuah strategi pemasaran secara langsung yang memanfaatkan jaringan internet dalam memasarkan sebuah produk. Online marketing disebut sebagai pemasaran secara langsung karena biasanya para penjual menawarkan produknya secara langsung kepada para pelanggan menggunakan social media maupun platform online.
Kesimpulan
Ada berbagai macam jenis pemasaran yang bisa dimanfaatkan untuk promosi usaha, tentu saja perlu disesuaikan dengan karakter usaha serta produk yang akan dijual. Ketika memilih melakukan pemasaran secara tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi, maka akan memberikan banyak kemudahan dan pengeluaran biaya yang lebih rendah dibandingkan pemasaran secara langsung.