4 Faktor Penyebab Strategi Digital Marketing Kurang Efektif

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang beberapa penyebab strategi digital marketing yang efektif, kali ini materi akan kita lanjutkan tentang beberapa penyebab strategi digital marketing kurang efektif, serta berbagai faktor yang menjadi penyebabnya.

Digital Marketing sebagai sebuah strategi pemasaran yang berjalan pada platform digital, sudah tentu akan berbeda dengan marketing model konvensional, digital marketing memang tampak jauh lebih mudah dan murah. Namun dalam prakteknya tidak bisa dipungkiri bakal ada hasil yang kurang efektif.

Maka dari itu, dalam artikel ini terdapat beberapa alasan penyebab strategi digital marketing kurang efektif. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa Menyusun kembali strategi pemasaran digital Anda sehingga memperoleh peforma dan hasil yang terbaik.

Berbagai Penyebab Strategi Digital Marketing Kurang Efektif

Meskipun digital marketing tampak menjadi alternative pemasaran yang mudah dan murah, bukan berarti Anda tidak membutuhkan strategi. Dan selain itu, dalam Menyusun strategi pun adakalanya Anda rasa sudah pas tetapi ternyata ada beberapa yang Anda lewatkan.

Maka, inilah daftar penyebab pemasaran digital Anda bisa meleset atau kurang efektif.

1. Target Promosi yang Kurang Tepat

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab strategi digital marketing Anda kurang efektif adalah bahwa Anda melewatkan langkah menentukan target pangsa pasar Anda. Maksudnya adalah bahwa saat Anda mengatur iklan, Anda melewatkan hal-hal tertentu berupa minat, umur dan lokasi geografis.

Karena bagaimana pun juga, iklan Anda harus tepat sasaran agar menghasilkan order yang melimpah. Bila Anda melewatkan langkah ini, tentu saja hasilnya tidak akan seperti yang Anda harapkan. Pengaturan ini bisa Anda awali dengan riset minat berdasarkan produk yang ingin Anda tawarkan.

2. Konten Promosi yang Kurang Memikat

Bila pemasaran secara konvensional membutuhkan rangkaian kata untuk diucapkan agar target pasar tertarik, berbeda dengan digital marketing. Saat Anda menggunakan digital marketing, Anda perlu Menyusun konten promosi sehingga menarik perhatian dan bahkan menghasilkan penjualan.

Konten promosi ini bisa berupa video singkat, gambar atau artikel. Nah, masing-masing konten memiliki powernya sendiri, dan Anda perlu atur itu. Bila konten yang Anda buat kurang bahkan tidak menarik, penjualan Anda akan tersendat dan Anda hanya melakukan bakar-bakar uang saja.

3. Tidak Mencantumkan Testimonial

Seberapa penting sebuah testimonial untuk Anda tampilkan? Tentunya sangat penting. Hal tersebut menjadi bukti bahwa barang dagangan Anda pernah terjual dan memberikan efek positif bagi pemakainya.

Apa saja yang bisa Anda tampilkan untuk menampilkan testimonial? Ya Anda dapat menampilkan screenshot chat semua pembeli yang senang dan puas dengan barang dagangan Anda. Selain itu Anda bisa juga memberikan gambaran perbandingan antara sebelum dan sesudah menggunakan produk Anda.

Dengan adanya testimonial, produk Anda akan semakin menarik dan strategi digital marketing Anda akan semakin sukses secara bertahap.

4. Respon Chat yang Kurang

Nah ini merupakan hal yang tidak boleh Anda lupakan. Bisa jadi Anda sudah melakukan semua poin sebelumnya dan tahap selanjutnya, tentu Anda akan lebih berpeluang besar menerima banyak pesan dari calon pembeli. Dari semua orang yang menghubungi kontak Anda, sudah tentu tidak semua orang akan langsung mengajukan pemesanan. Sebagian dari mereka ada pula yang ingin bertanya seputar produk yang Anda jual.

Respon yang cepat dalam menanggapi setiap pesan yang masuk, adalah sesuatu yang diharapkan oleh setiap calon pembeli yang menghubungi Anda. Tidak hanya kecepatan dalam menjawab setiap pertanyaan, namun keramahan dalam menyapa dan menjelaskan adalah kunci dari keputusan setiap calon pembeli untuk melakukan transaksi.

Jadi, bila Anda merupakan tipe orang yang kurang ramah, cobalah lebih ramah saat menanggapi chat dari seorang calon pembeli. Atau bila Anda sibuk, sempatkan waktu yang ada untuk membalas chat secara cepat.

Tetapi, bila Anda merasa bahwa sangat minim kesempatan untuk melakukan itu, Anda bisa membayar seseorang untuk menangani chat dari para calon pembeli Anda. Dengan begitu ada kemungkinan besar untuk terjadinya order dan bahkan repeat order.

Kesimpulan

Pemasaran secara online sangat memerlukan kemampuan dalam memberikan keyakinan dan kepercayaan kepada calon pembeli, hal ini dikarenakan tidak adanya proses tatap muka serta transaksi secara langsung. Kemampuan untuk meyakinkan, kecepatan dalam merespon serta keramahan adalah kunci utama keberhasilan strategi digital marketing. Sudahkan Anda mempersiapkan itu semua ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*